Pengertian & Fungsi Teknologi Komunikasi di Indonesia

Pengertian & Fungsi Teknologi Komunikasi di Indonesia

Pengertian & Fungsi Teknologi Komunikasi di Indonesia

Teknologi komunikasi di abad 20 mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat. Pemakaian teknologi sekarang ini walau belum merata tetapi sudah menyebar bahkan sampai kepedesaan. Teknologi komunikasi dapat memudahkan manusia dalam melakukan kegiatan. Hal ini juga membuat roda perekonomian berputar lebih kencang. Jual pulsa, hingga paket data layanan internet disediakan oleh berbagai provider komunikasi. Teknologi saat ini adalah sebuah sarana untuk menyediakan bermacam produk yang dibutuhkan bagi kelangsungan hidup manusia.

Mulanya penerapan teknologi dipakai oleh manusia untuk mengubah sumber daya alam jadi alat yang lebih sederhana, hingga sampai sekarang ini perkembangan teknologi baru seperti internet. Agar lebih jelas marilah kita simak penjelasannya pada artikel ini. Indonesia merupakan salah satu negara berkembang di dunia. Selain itu Indonesia tengah jadi salah satu negara yang mempunyai pengaruh di dunia yang besar. Agar jadi negara yang maju, maka negara tersebut harus lebih meningkatkan penggunaan teknologi komunikasi dari sebelumnya.

Dengan hadirnya teknologi ini bisa memudahkan banyak pekerjaan atau untuk hiburan. Sebelum lebih jauh lagi, marilah kita simak arti teknologi komunikasi. Teknologi komunikasi bermula dari dua kata, yakni teknologi dan komunikasi. Secara umum, kata teknologi bisa diartikan sebagai entitas atau dapat merujuk pada sebuah kumpulan teknik-teknik. Tetapi pada konteks ini, teknologi diartikan suatu kondisi pengetahuan manusia berhubungan dengan cara untuk memadankan banyak sumber untuk menghasilkan produk atau jasa yang dikehendaki atau untuk pemenuhan kebutuhan.

Sedangkan komunikasi berarti sebagai alat interaksi atau penghubung. Teknologi komunikasi bisa diartikan sebagai suatu perangkat keras atau hardware pada struktur organisasi yang mempunyai kandungan nilai sosial yang bisa memungkinkan setiap orang untuk memproses, mengumpulkan, sampai saling bertukar informasi dengan orang lain. Teknologi ini berkembang cepat seiring dengan perkembangan teknologi elektronik, sistem modulasi dan transmisi, hingga informasi bisa disebarkan dengan tepat dan cepat.

Setelah Anda mengetahui definisi di atas, sekarang waktunya diulas tentang teknologi komunikasi tersebut. Dalam membuat pekerjaan manusia jadi lebih mudah, teknologi ini mempunyai beberapa fungsi, yakni pertama, membuat pekerjaan lebih mudah dalam dunia ekonomi dan bisnis. Dengan hal itu, teknologi komunikasi berkembang sangat pesat ini jadi pilar pendukung teknologi transportasi pada bidang revolusi industri. Kedua, pemakaian teknologi komunikasi juga bisa membantu dan memudahkan dalam memindahkan data dari satu perangkat ke perangkat yang lain, baik untuk jarak dekat atau jauh. Ketiga, bisa berperan dalam mengatur suatu sistem supaya bisa dikelola dengan baik.

Pengelolaan sistem yang baik bisa memengaruhi kinerja sistem yang baik juga. Selain sejumlah fungsi di atas, fungsi lainnya yakni teknologi komunikasi yang sanggup membawa sebuah nilai-nilai dari struktur sosial, ekonomi, dan politik pada umumnya. Fungsi terakhir yakni bisa menambah kemampuan indera setiap manusia dalam kemampuan melihat dan mendengar. Informasi adalah unsur pokok yang secara implisit dekat dalam konsep pembangunan terencana.

Walau peranan informasi dalam beberapa dekade kurang dapat perhatian, tetapi sesungguhnya kebutuhan informasi dan komunikasi itu adalah hal yang tidak kalah penting dari kebutuhan sandang dan pangan. Setiap aktivitas pembangunan juga hanya bisa berlangsung dan mencapai sasaran jika dalam setiap tahapannya, perencanaan, ekseskusi dan pengawasan didasarkan pada informasi yang baik. Informasi memang didapat melalui aktivitas komunikasi namun aspek sesungguhnya yang menentukan nilai komunikasi merupakan informasi yang dibawa. Revolusi informasi, umumnya dimengerti sebagai perubahan yang dihasilkan dari teknologi informasi.

Dua wujud teknologi komunikasi manusia yang paling penting adalah teknologi untuk menyebarkan informasi dan sistem komputer modern dalam memprosesnya. Dikatakan revolusi sebab bisa memberikan Perubahan yang sangat cepat pada kehidupan manusia. Hal paling mendasar dari teknologi komunikasi dan informasi merupakan standar. Sementara itu, berkembangnya jaringan sangat memerlukan sebuah standar sistem operasional. Saat seseorang memakai jaringan untuk melakukan komunikasi dengan orang lain, maka sebenarnya Ia secara tidak langsung memerlukan sistem yang sesuai antara satu dengan lainnya.

Keterikatan antar standar, jaringan dan sistem seperti perekat dalam menunjang komunikasi. Teknologi memang bisa memberi banyak dampak positif dan negatif, namun dengan pemahaman yang sesuai terkait dinamika dan problematika teknologi yang berkembang, maka tiap individu dan masyarakat yang ada pada sebuah Negara akan jadi penguasa teknologi dan bukan sebaliknya, hanya sebagai masyarakat yang dikendalikan dan dikuasai oleh teknologi. Distribusi dan pengolahan informasi melalui jaringan telekomunikasi membuka berbagai peluang untuk digunakan di banyak bidang kehidupan manusia, termasuk pada bidang pendidikan.

Ide untuk memakai mesin belajar, membuat simulasi berbagai proses yang rumit, animasi yang sulit dideskripsikan banyak menarik minat praktisi pendidikan. Inisiatif melakukan siaran radio pendidikan dan televisi pendidikan adalah upaya melakukan penyebaran informasi pada satuan-satuan pendidikan yang ada di seluruh nusantara. Hal ini merupakan wujud dari kesadaran untuk memaksimalkan daya guna teknologi agar membantu proses belajar di masyarakat.