4 Tips Merawat Anak yang Mengalami Iritasi Kulit Akibat Pemakaian Popok Sekali Pakai

Iritasi Kulit Akibat Pemakaian Popok Sekali Pakai

4 Tips Merawat Anak yang Mengalami Iritasi Kulit Akibat Pemakaian Popok Sekali Pakai

Kehadiran buah hati di tengah-tengah keluarga adalah anugerah terindah bagi setiap pasangan. Segala upaya terbaik dilakukan untuk menjaga, merawat dan melindungi si kecil. Memilihkan pakaian ternyaman, selimut terhangat, hingga memilihkan popok di toko online Drypers pun tak luput dari perhatian.

Popok sekali pakai memang sangat dibutuhkan bagi Anda yang memiliki anak berusia balita. Selain karena nilai praktisnya, penggunaan popok juga membuat Anda lebih tenang karena biasanya popok ini sudah dibekali dengan kemampuan daya serap yang tinggi.

Merawat Anak yang Mengalami Iritasi Kulit

Sayangnya, tidak jarang ditemui munculnya iritasi pada kulit bayi akibat pemakaian popok ini. Hal ini tidak terlepas dari kulit anak yang masih sensitif. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi iritasi kulit akibat pemakaian popok ini? Berikut informasinya.

  • Cuci tangan sebelum mengganti popok

Munculnya iritasi pada kulit bayi juga menandakan bahwa kulit anak memiliki kecenderungan kulit sensitif. Kondisi ini akan bertambah parah apabila Anda tidak memperhatikan kebersihan tangan setiap kali akan mengganti popok anak. Oleh karena itu pastikan Anda tidak lupa mencuci tangan hingga bersih sebelum melepas dan mengganti popok tersebut.

  • Ganti popok secara berkala

Sekalipun popok yang Anda beli di toko online Drypers tersebut memiliki kualitas terbaik, bukan berarti Anda bebas memakaikannya pada si kecil sepanjang hari. Rajinlah mengganti popok anak secara berkala. Itu artinya, Anda juga harus rajin mengecek apakah popok yang dipakai si kecil sudah basah atau belum.

Meskipun popok pilihan Anda memiliki daya serap yang baik, popok yang terlalu lama dipakai memungkinkan kulit bayi menjadi lembab sehingga berisiko munculnya iritasi dan memperparahnya.

  • Membersihkan area kulit yang tertutup popok

Sebelum Anda mengganti popok yang sudah penuh dengan popok yang baru, pastikan Anda tidak lupa untuk membersihkan area kulit anak yang sebelumnya tertutup popok. Ini bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa urine atau tinja yang tertinggal pada kulit anak.

Anda juga bisa menggunakan sabun yang diformulasikan khusus untuk kulit anak. Kalaupun ingin menggunakan tisu basah, sebaiknya Anda memilih tisu yang non-alkohol agar tidak memperparah iritasi. Selanjutnya, Anda bisa mengeringkan kulit anak menggunakan kain yang lembut.

  • Obati dengan salep atau krim pelembab

Sebelum kembali memakaikan popok pada anak, Anda bisa mengoleskan salep atau krim pelembab pada area kulit yang mengalami iritasi. Perihal krim atau salep ini sebaiknya Anda meminta rekomendasi dari dokter spesialis anak. Jangan asal membelikan salep atau krim di apotek tanpa meminta saran dan rekomendasi dari dokter yang menangani anak Anda.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam merawat atau mengatasi anak yang mengalami ruam atau iritasi kulit akibat pemakaian popok. Perlu diketahui bahwa tidak semua produk popok sekali pakai memiliki kualitas yang bagus. Oleh karena itu, upayakanlah untuk membeli popok anak di toko online Drypers terpercaya.